Gubernur Arinal Apresiasi Pelaksanaan Pesta Wastra Bersukaria yang Digagas oleh Komunitas Penggiat Budaya Gham Berkain

97

KLIK BANDAR LAMPUNG —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi pelaksanaan Pesta Wastra Bersukaria (Pestraria) yang digagas oleh Komunitas Penggiat Budaya Gham Berkain untuk memberikan ruang bagi generasi muda dalam mencintai budaya daerah khususnya Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri Pestraria “Pemuda Berbudaya untuk Indonesia Maju” di Taman Santap Rumah Kayu, Bandar Lampung, Sabtu (28/10/2023).

Pestraria Manjau Bandar Lampung ini merupakan kali ketiga yang dilaksanakan oleh Gham Berkain. Dimana sebelumnya telah terlaksana juga di Kota Metro dan Kabupaten Pringsewu.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, karena dapat menumbuhkan rasa cinta pada generasi muda terhadap kebudayaan daerah, khususnya budaya tradisional, seni dan budaya,” ujar Arinal.

Pelaksanaan kegiatan Pestraria ini juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Arinal mengatakan dirinya menyambut baik antusiasme para anak-anak muda yang didominasi oleh para pelajar SMA/SMK terhadap acara ini.

Menurutnya, acara ini sangat menarik perhatian anak-anak muda.

“Saya melihat rekan-rekan dari komunitas Gham Berkain yang dengan penuh semangat dan tulus hati hendak memberikan ruang bagi generasi muda,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal mengajak para pemuda Provinsi Lampung untuk berani mengambil peran dalam mengisi pembangunan.

Ia berharap pemuda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negara, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi guna bersaing secara global.

Menurutnya, pemuda juga memiliki peran penting dalam upaya menumbuhkan dan menjaga kelestarian kebudayaan Indonesia, khususnya budaya tradisional Lampung.

“Kami Pemerintah Provinsi Lampung senantiasa mendukung dan mendampingi melalui salah satu program kerja kami yaitu anak muda berjaya. Mari Pemuda rapatkan barisan, solid wujudkan Lampung Berjaya,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, Anggota Forkopimda, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Founder Gham Berkain Rissana Innisa (Ica) dan Co-Founder Gham Berkain Rico Febrianto.

Sementara itu, Co-Founder Gham Berkain Rico Febrianto mengatakan acara ini sukses dilaksanakan berkat kerja keras yang maksimal teman-teman panitia dan penyelenggara dibawah Founder Gham Berkain Ica.

“Acara sudah berlangsung dan alhamdulillah dengan sampai saat ini lancar berkat teman-teman dari Gham Berkain,” ujar Rico.

Rico menyebutkan Pestraria Manjau Bandar Lampung merupakan pelaksanaan ketiga yang diselenggarakan oleh Gham Berkain.

“Acara ini adalah titik ketiga Pestraria yang telah Gham Berkain adakan sebelumnya sempat manjau ke Metro dan Pringsewu,” katanya.

Rico menjelaskan melalui kegiatan yang diikuti oleh seluruh pelajar SMA/SMK se- Provinsi Lampung, budayawan, mahasiswa dan kaula muda secara umum, anak-anak muda bisa mencintai budaya Lampung lewat wastra.

“Yang harapannya ini bisa menjadi trend di Lampung dan khususnya juga untuk bisa membantu perekonomian daerah,” ujarnya.

Rico mewakili Gham Berkain menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah mensupport terselenggaranya acara ini.

“Acara ini tidak dapat terselenggara jika bukan karena kolaborasi antara pemerintah, komunitas, para sponsor, dan seluruh pihak yang terkait. Diharapkan ini bisa menjadi acara tahunan di Provinsi Lampung dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda,” katanya.

Dalam Pestraria Manjau Bandar Lampung ini adanya penampilan sendratari kisah perjuangan pahlawan Radin Intan II.(Adpim)

Facebook Comments