Sekdaprov Fahrizal Buka Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Lampung dan Nasional Tahun 2024

40

KLIK BANDAR LAMPUNG —— Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka acara Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Lampung dan Tingkat Nasional Tahun 2024 di Gedung Pusiban, Komplek Dinas Kantor Gubernur, Senin (13/5/2024).

Seleksi yang diikuti oleh 83 siswa-siswi yang tersebar dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung ini berjalan selama 5 hari, dari tanggal 12-17 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Fahrizal mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai arti dan peran yang sangat penting dalam upaya mendapatkan calon-calon PASKIBRAKA yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi,

“Saya yakin peserta seleksi yang hadir di ruangan ini merupakan siswa dan siswi terbaik dari kabupaten dan kota se Provinsi Lampung dan telah memiliki kriteria serta memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Calon Paskibraka tingkat Nasional Tahun 2024,” ujarnya.

Sekdaprov Fahrizal berpendapat bahwa salah satu tujuan seleksi tersebut yakni untuk menanamkan wawasan kebangsaan, menanamkan pehamanan tentang arti pancasila dan memahami makna bendera bagi suatu negata.

Menurutnya, anggota Paskibraka harus mampu menjadi contoh, teladan serta role model bagi pemuda-pemudi lain.

“Anggota Paskibraka harus memahami makna bendera bagi suatu negara, bendera merupakan lambang eksistensi dan lambang kedaulatan bagi suatu negara. Semangat para pemuda mencintai republik ini dengan mengikuti seleksi untuk menjadi pesukan pengibar bendera pusaka, itu adalah contoh, akan menjadi role model bagi pemuda yang lain,” pungkasnya.

Sekdaprov Fahrizal berpesan kepada seluruh peserta seleksi untuk mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi ini dengan sungguh-sungguh.

“Tampilkan seluruh kemampuan yang terbaik yang ada pada dirimu bahwa kamu memang merupakan siswa dan siswi terbaik yang ada di Provinsi Lampung, jangan pernah ragu untuk tampil, tunjukan bahwa kita siap, jangan takut salah, semua itu pasti mengandung kebenaran,” pungkasnya.

Lebih dari itu, ia berharap kepada para peserta seleksi untuk terus melanjutkan perjuangannya serta selalu meningkatkan kompetensi diri dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Kalian harus jadi pemimpin, harus jadi penggerak persatuan, harus menjadi role model yang mencintai tanah air, yang harus menjadi orang-orang produktif yang bisa membangun ekonomi sosial budaya bangsa Indonesia, jadi jangan pernah lengah, waktunya tidak lama lagi 2045,” tegasnya.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hermansyah Saleh mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan pembinaan ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka serta dalam rangka mengarustamakan pancasila dalam wadah NKRI melalui pembinaan ideologi Pancasila secara berkelanjutan.(Adpim)

Facebook Comments