Pj Gubernur Agus Fatoni Beri Penghargaan Anugrah Paritrana Award 2023 Tingkat Provinsi Sumsel untuk Pemda dan Badan Usaha

36

KLIK Palembang —– Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan penghargaan Anugerah Paritrana Award 2023 Tingkat Provinsi Sumsel kepada sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Usaha yang konsisten menerapkan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pegawainya. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aryaduta, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (26/3/2024).

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi antara Pemprov Sumsel dengan BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel. Fatoni menegaskan penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi bagi para pemimpin daerah dan pelaku usaha yang telah memberikan perlindungan jamsostek kepada pekerja.

“Nantinya para penerima anugerah Paritrana Award 2023 tingkat provinsi ini akan diikutsertakan pada ajang serupa di tingkat nasional,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Paritrana Award Tahun 2023 diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan serta didukung Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel sekaligus Ketua Tim Penilai Paritrana Award Tahun 2023 Edward Chandra menyebut kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan peran aktif Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa/Kelurahan dalam meningkatkan perlindungan Jamsostek pada pekerja rentan.

“Meningkatkan kepatuhan dan kepedulian pemberi kerja badan usaha terhadap peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan dan memberikan perlindungan bagi pekerja rentan,” kata Edward.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel Muhyidin mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sumsel kepada BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel.

“Setiap pekerja rentan mengalami risiko sosial seperti kecelakaan kerja, meninggal dunia dan hari tua. Untuk itu dengan jamsostek memastikan setiap pekerja nyaman dan aman dalam melaksanakan pekerjaan. Karena dengan adanya jaminan ketenagakerjaan perlindungan pekerja akan dicover,” ucap Muhyidin.

Saat ini, sejumlah daerah di Sumsel telah memberikan perlindungan bagi pekerja rentan, diantaranya Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak 11 ribu pekerja rentan, Kabupaten Musi Rawas terdapat sebanyak 9.100 pekerja rentan dan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan sebanyak 10. 777 pekerja rentan.

Berikut penerima anugerah Paritrana Award 2023 tingkat Provinsi Sumatera Selatan, di antaranya:

Kategori pemerintah Kabupaten/Kota:
Juara 1 : Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Juara 2 : Pemerintah Kabupaten Musi Rawas
Juara 3 : Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Kategori Badan Usaha sektor Keuangan:
Juara 1 : Bank Sumsel Babel
Juara 2 : BPR Sumatera Selatan
Juara 3 : BPR Gerbang Serasan Kabupaten Muara Enim

Kategori Badan Usaha sektor Perdagangan dan Jasa:
Juara 1 : PT Satria Bahana Sarana
Juara 2 : Famvida Hotel

Kategori Badan Usaha sektor Pertambangan, Manufaktur dan Konstruksi:
Juara 1 : PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper
Juara 2 : PT Semen Baturaja

Kategori Badan Usaha sektor Peternakan, Perkebunan dan Perikanan:
Juara 1 : SBA Wood Industries
Juara 2 : PT Perkebunan Minanga Ogan
Juara 3 : PT Bumi Sawindo Permai

Kategori Badan Usaha sektor Pendidikan:
Juara 1 : Universitas Bina Insani
Juara 2 : Yayasan Cahaya Maitreya

Kategori Pemerintah Desa/Kelurahan:
Juara 1 : Desa Epil (Lais)
Juara 2 : Desa Bailangu (Sekayu)
Juara 3 : Desa Karang Raja

Kategori Badan Usaha Skala Kecil dan Mikro:
Juara 1 : Cantik Manis – Lubuk Linggau
Juara 2 : Marseli Food and Snack

Facebook Comments