Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Pimpin Rapat Paripurna Istimewa HUT Lampung ke- 60

48

KLIK  BANDAR LAMPUNG —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi semua pihak atas kerjasama terhadap berbagai pembangunan di Lampung sehingga menjadi Provinsi yang semakin maju dan menorehkan banyak prestasi.

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung ke- 60 “Harmoni Dalam Kolaborasi Untuk Lampung Berjaya” di Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung, Senin (18/3/2024).

Arinal mengatakan Provinsi Lampung terus melakukan lompatan-lompatan dalam pembangunan.

Bahkan sejak tahun 2020 hingga saat ini, Provinsi Lampung telah menorehkan banyak prestasi dengan diraihnya 142 penghargaan.

“Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras dan upaya kita bersama termasuk para pejabat pendahulu, baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, maupun Instansi Vertikal, dunia usaha, serta seluruh lapisan masyarakat. Sehingga pada usia Provinsi Lampung ke-60 saat ini dapat menorehkan banyak prestasi,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan Sumber Daya Manusia di Lampung yang semakin baik, didukung dengan keberadaan Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.

“Perguruan Tinggi ini menjadi tujuan menimba ilmu bagi para calon mahasiswa dari luar Provinsi Lampung, serta mampu bersaing dengan Universitas lain di Pulau Jawa. Hal ini terbukti dengan jumlah pendaftar mencapai 35% dari luar daerah,” katanya.

Arinal menjelaskan berbagai capaian kinerja penyelenggaraan pembangunan daerah selama Tahun 2023 diantaranya seperti pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tahun 2023 yang bergerak naik.

“Tumbuh positif 4,55% lebih baik dibanding Tahun 2022 yang mencapai 4,28% dengan PDRB per kapita sebesar Rp48,2 juta,” ujarnya.

Ia menyebut kondisi perekonomian tersebut berhasil menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Lampung Tahun 2023 sebesar 4,23%.

“Ini lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 4,52%,” katanya.

Selanjutnya, perkembangan Tingkat Kemiskinan terus menunjukkan tren penurunan.

“Tingkat Kemiskinan Provinsi Lampung per Maret  2023 sebesar 11,11% atau turun dari 11,57% pada tahun 2022,” ujarnya.

Arinal mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung juga saat ini telah berada pada status tinggi yaitu sebesar 72,48.

“Lalu, Nilai Tukar Petani meningkat sangat baik dari Tahun 2022 sebesar 104,3% menjadi 109,36% pada Tahun 2023 serta Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 73,3 pada Tahun 2023,” katanya.

Arinal mengucapkan selamat Dirgahayu dan ungkapan bahagia atas lahirnya Provinsi Lampung kepada seluruh masyarakat Lampung.

“Satukan tekad jalin kerjasama, wujudkan Lampung Maju Berjaya. Dirgahayu Provinsi Lampung tercinta semoga berjaya damai sentosa,” katanya.

Hadir pada paripurna ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung serta para anggota Forkopimda Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan telah banyak keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung yang dicapai, sehingga menjadi suatu prestasi yang membanggakan.

Ia menururkan Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ini merupakan milik seluruh masyarakat Lampung.

“Ini sebagai wujud kebersamaan dan gotong royong,” ujar Mingrum.

Dalam kesempatan itu, para peserta paripurna mengenakan pakaian khas Lampung.

Paripurna dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung ke- 60 ini diawali dengan persembahan Tari Sigeh Penguten oleh siswi SMA Negeri 16 Bandar Lampung.

Dilanjutkan dengan persembahan Sendra Tari Khakot Tupping “Perlawan Radin Intan” oleh SMP Fransiskus Tanjungkarang, Bandar Lampung dan persembahan lagu Eghamku di Lampung oleh Balqis Vania Gitta.

Hadir pula pada paripurna ini diantaranya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Lampung, Pimpinan Lembaga Vertikal, Bupati/Walikota, DPRD Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik dan Organisasi Masyarakat.(Adpim)

Facebook Comments