Pj Gubernur Sumsel yang juga Dirjen Bina Keuda Kemendagri, A Fatoni Jadi Narasumber Di Provinsi Jawa Timur

96

KLIK JAWA TIMUR — Penjabat ( Pj) Gubernur Sumatera Selatan sekaligus Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni memberikan pengarahan dan pembekalan dengan tema Bijak Mengelola Keuangan Pemerintah Daerah Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Prestasi Siswa di Ruang Sabha Nugraha, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Sabtu (16/3/2024).

“Ini satu kehormatan saya bisa berdiri disini (Provinsi Jatim) karena wilayah ini sangat besar termasuk Dinas Pendidikannya sangat besar dengan anggaran saja 8,9 triliun,”katanya.

Fatoni menyebutkan anggaran yang dimiliki Dinas Pendidikan Provinsi Jatim itu luar biasa, ini pertandanya jumlah siswanya sangat besar, pegawainya besar dan tugasnya yang begitu besar.

Oleh karena itu, lanjut Fatoni mengatakan Dinas Pendidikan ini harus di kelola dengan baik dan profesional sehingga harapannya bisa berdampak luas bagi pembangunan Provinsi Jatim.

“Bagi saya Jatim ini kampung saya juga. Jatim yang begitu besar, provinsi yang paling diperhitungkan dari segi apapun, maka Dinas Pendidikan mempunyai peran penting,”terangnya.

Fatoni mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dia harap kegiatan seperti ini dapat terus di lakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia.

“SDM ini akan menjadi pemimpin di masa mendatang, maka peran Dinas Pendidikan sangat sentral dan penting,”imbuhnya.

Selaku Dunia Pendidikan, Fatoni ingatkan Dinas Pendidikan Jatim harus menyiapkan kader-kader yang unggul, maka sangat relevan, bagaimana membentuk SDM yang unggul, adalah peningkatan kapasitas SDM diantaranya pintar, inovatif, cerdas dan kreatif.

“Ada tiga menjadi problem di peningkatan kapasiats SDM yakni, kompetensi, komitmen dan kekompakan. Maka penyelesaiaan masalah SDM yaitu mindset, kompetensi, komitmen, kekompakan dan inovasi,”paparnya.

Dalam peningakatan kapasitas SDM, lanjut Fatoni perlu juga kecakapan yang di miliki yaitu loyal, totalitas, netral, militan dan profesional.

Fatoni ingatkan bagi guru-guru berikan akhlak mental yang kuat bagi anak didik. Artinya siapkan anak didik selain ilmu pengetahuan tapi juga jayang juang atau mental. “Ini tugas kita semua untuk menyiapkan kader-kader kita,”katanya.

Pada kesempatan ini juga Fatoni menyampaikan bahwa di gelarnya kegiatan ini agar kinerja pendidikan ini semakin lebih baik.

Fatoni menyebutkan salah satu indikator kinerjanya adalah terkait dengan pengelolaan keuangan, jadi realisasi anggaran itu menjadi salah satu ukuran untuk mengukur kinerja.

“Kinerjanya baik, realiasi anggaran juga tinggi, maka agar realisasi tinggi diperlukan ilmu yang cukup, komitmen dan motivasi yang tinggi,”ungkapnya.

“Maka hari ini diberikan penbekalan kapasitas agar di Dinas Pendidikan Jatim kinerjanya lebih baik termasuk serapan anggarannya lebih baik dan juga output dan outcomenya,”pungkasnya.

Sementara itu, Pj Walikota Batu sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Sumsel di Kota Pahlawan, semoga membawa berkah dan memberikan dampak yang baik khususnya di dunai pendidikan di Jatim.

Dia berharap kehadiran beliau memberikan angin segar bagi lingkungan dunia pendidikan Jatim, dimana beliau sebagai Pj Gubernur Agus Fatoni merasakan bagaimana pendidikan terutama pengelolaan keuangan di Dinas Pendidikan.

“Kami mendapat tantangan yang luar biasa dimana ruang lingkup 38 kabupaten/kota dengan anggaran 8,9 triliun, ini tanggungjawab yang besar dengan mengelolah anggaran yang besar dan luas wilayah tentu menjadi tantangan tersendiri,”katanya.

“Nah ini kesempatan yang baik bagi kami bisa bertemu beliau apalagi saat ini sebagai Pj Gubernur sekaligus Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri RI, kami berharap tahun 2024 semua program kami kedepan berjalan baik lagi dan lancar,” tutupnya.

Turut hadir, Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra Sumsel, Edward Candra, Kepala Dinas PUBMTR Sumsel M. Affandi, Sekretaris Dinas Pendidikan Jatim, Suhartono serta seluruh jajaran di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim

Facebook Comments