Pemprov Lampung Raih Penghargaan dalam Ajang Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2024

90

KLIK BALI — Pemerintah Provinsi Lampung meraih penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 Atas Capaian Belanja Produk Dalam Negeri di Tahun Anggaran 2023 pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi.

Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Provinsi Lampung dinilai memiliki komitmen kuat dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam Acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2024, yang berlangsung di The Meru Sanur Hotel, Bali, Kamis (7/3/2024).

Penghargaan yang sama juga diterima Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan penghargaan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sendiri dimulai sejak tahun 2021, melalui Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Program P3DN yang diimplementasikan oleh Pemerintah bertujuan untuk menggalakkan penggunaan produk dalam negeri, mendukung industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri, dan mengoptimalkan pengadaan barang/jasa pemerintah. Hal ini diharapkan akan menjamin kemandirian dan stabilitas perekonomian nasional.

Penghargaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada dua pihak yang memiliki peran besar dalam keberhasilan Program P3DN, yakni dari sisi pengguna dan produsen produk dalam negeri. Terdapat sejumlah kategori penghargaan yang diberikan, baik kepada Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, serta produsen industri kecil, menengah, dan besar.

Untuk diketahui, Business Matching Belanja PDN yang dilaksanakan pada 4-7 Maret 2024 dikemas dalam konsep one stop event, menghadirkan lima kegiatan utama, yaitu Desk Business Matching, Penganugerahan Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pameran Produk Dalam Negeri, Talkshow Akselerasi Sertifikasi TKDN, serta Pojok Konsultasi untuk memberikan informasi menyeluruh kepada peserta yang hadir.
(Adpim)

Facebook Comments