Pemprov Lampung Gelar Rapat Forum Kadis Dukcapil se-Provinsi Lampung untuk Sosialisasikan Kebijakan Administrasi Kependudukan terkait Pemilu 2024

136

KLIK BANDAR LAMPUNG —– Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Rapat Forum Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Ballroom Kyriad Hotel, Pada Rabu, (27/12/2023).

Rapat yang dibuka Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi tersebut, menyosialisasikan Kebijakan Administrasi Kependudukan mengingat akan dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Fahrizal menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, sebagai sarana untuk evaluasi dan perbaikan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Fahrizal menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu, Disdukcapil memiliki peran untuk memutakhiran data kependudukan, lalu melakukan upaya dalam pengamanan data, serta melakukan persiapan menjelang Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah terutama penuntasan perekaman pemilih pemula.

Seperti diketahui, pada Tahun 2023 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan Dukcapil Prima untuk kategori Provinsi dengan Jumlah Penduduk Besar dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Menanggapi hal itu, Fahrizal menjelaskan bahwa Keberhasilan tersebut tidak lepas dari adanya peran Forum Kadisdukcapil Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib, dan tidak diskriminatif guna memenuhi standar pelayanan prima di wilayah Provinsi Lampung.

“Dengan adanya Forum Kadisdukcapil Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung ini juga dapat memperlancar komunikasi dan koordinasi dalam rangka pelayanan tugas Disdukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan Pemerintah Pusat,” ujar Fahrizal.

Kadis Dukcapil Provinsi Lampung yang juga Ketua Penyelenggara kegiatan Lukman menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan rapat forum Kepala Dinas Dukcapil Se-Provinsi Lampung memiliki maksud untuk menyamakan persepsi, dan sebagai forum diskusi menemukan solusi dari timbulnya masalah terkait kebijakan-kebijakan terbaru.

“Hal ini juga sebagai upaya mendukung pelaksanaan pemilu serentak yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang,” ujar Lukman.

Lukman menambahkan bahwa terkait hal tersebut maka dirasa perlu untuk dilakukan sosialisasi kependudukan terhadap seluruh pejabat yang menangani kependudukan di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Lukman berharap melalui kegiatan ini, Forum Komunikasi Diskdukcapil dapat meningkatkan perannya dalam membangun komunikasi yang handal dan mumpuni, sehingga tugas koordinasi, pembinaan, dan pengawasan Disdukcapil Provinsi terhadap Disdukcapil Kaupaten/Kota dapat berjalan lebih efektif, dan efisien.

Selanjutnya, dalam kegiatan Rapat Forum Komunikasi Kadisdukcapil Se-Provinsi Lampung diberikan sejumlah penghargaan oleh Gubernur Provinsi Lampung kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung Tahun 2023.

Penghargaan yang diberikan berupa dana bantuan yang akan diberikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Berdasarkan surat keputusan Gubernur Nomor G/801/V.II/HK/2023 tentang Hasil Penilaian Kinerja Disdukcapilk Kabupaten/Kota Semester II Tahun 2022, Semester I Tahun 2023, kategori sangat baikdiraih oleh Disdukcapil Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan 13 Kabupaten/Kota sisanya mendapatkan kategori penilaian baik.

Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan menghadirkan dua orang narasumber, yang pertama dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI yang diwakili oleh Pejabat Penanggungjawab Provinsi Lampung Ahmad Ridwan dan Anggota KPU Provinsi Lampung Agus Riyanto.
(Adpim)

Facebook Comments