Gubernur Arinal Buka HKSN ke-65 dan Bulan Bakti Karang Taruna

56

KLIK PRINGSEWU —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Acara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-65 dan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2023, yang berlangsung di Lapangan Pararejo, Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu, Rabu (20/12/2023).

Adapun tema pada kegiatan ini yaitu Perkuat Semangat Kesetiakawanan Sosial dalam Memerangi Kemiskinan.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan bahwa HKSN adalah momentum yang khusus, dimana bangsa Indonesia diberi kesempatan untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan, solidaritas, dan saling peduli terhadap sesama.
“Sementara itu, Bulan Bakti Karang Taruna menjadi waktu yang tepat untuk mengapresiasi serta mendorong keterlibatan generasi muda, sebagai agen perubahan untuk membangun kesetiakawanan sosial di tengah-tengah masyarakat,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan kemiskinan bukanlah sekadar masalah ekonomi, melainkan juga dampak dari ketidaksetaraan dan kurangnya akses terhadap peluang hidup yang layak.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita untuk bersama-sama memperkuat semangat kesetiakawanan sosial, tidak hanya sebagai bentuk bantuan sosial, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan keadilan,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal juga mengajak untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk menciptakan program-program inovatif yang dapat memberikan solusi konkret dalam memerangi kemiskinan. “Sinergi antar lembaga dan pihak terkait adalah kunci keberhasilan dalam menciptakan perubahan yang signifikan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta rombongan pada acara tersebut.
“Semoga kehadiran Bapak Gubernur dapat memberikan motivasi dan perhatian pada masyarakat Kabupaten Pringsewu,” ucapnya.

Adi Erlansyah menyampaikan bahwa sejarah membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran dan menjunjung tinggi nilai sejarah serta Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
“Peringatan HKSN merupakan bentuk apresiasi dan semangat serta dukungan pada semua elemen masyarakat yang telah memberikan kontribusinya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial baik dari unsur lembaga ataupun masyarakat secara perorangan,” jelasnya.

Adi Erlansyah menuturkan bahwa Peringatan HKSN dan bulan Bhakti Karang Taruna sebagai simbol penyelenggara pembangunan Kesejahteraan Sosial, tentunya memiliki nilai historis yang melandasinya.
“Kesetiakawanan menggambarkan ungkapan rasa persaudaraan solidaritas sesama kawan. kesetiakawanan sosial merupakan nurani bangsa Indonesia yang terapi kasih oleh sikap dan perilaku yang dilandasi oleh pengertian, kesadaran, keyakinan, tanggung jawab, dan partisipasi sosial sesuai dengan kemampuan dari masing-masing warga negara,” ujar Adi Erlansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona menyampaikan ucapan terimakasih atas nama seluruh organisasi dan perangkat elemen negara, yang memang dibentuk untuk bekerja bersama guna menyelesaikan dan mengentaskan permasalahan-permasalahan sosial ditengah-tengah masyarakat yaitu salah satunya adalah kami Karang Taruna dan seluruh organisasi lainnya.
“Kami berterimakasih bahwa Pemprov Lampung menyelenggarakan acara hari ini. Hal ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung dibawah Kepemimpinan Bapak Gubernur Arinal Djunaidi, beliau sangat memperhatikan seluruh organisasi dan juga seluruh elemen-elemen yang memperhatikan kesejahteraan sosial di Provinsi Lampung,” ujar Dendi.

Dendi menuturkan bahwa Permasalahan sosial ini tidak ada habisnya. “Maka memang sangat dibutuhkan support daripada Pemerintah kepada kami-kami yang memang bergerak dan slalu bersinggungan langsung dengan kondisi masyarakat yang sebeanrnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal menyerahkan bantuan untuk masyarakat Pringsewu berupa 1 unit kursi roda dan 150 paket sembako yang diserahkan secara simbolis.

Dalam memeriahkan Acara ini, serangkaian kegiatan juga telah dilaksanakan yaitu Jalan Sehat yang dilepas oleh Gubernur Arinal. Serta pelaksanaan Senam Sehat.
Gubernur Arinal juga meninjau pelaksanaan sunatan massal yang dilaksanakan di Klinik dr. Pratiwi dalam rangka memeriahkan HKSN ke-65.
(Adpim)

Facebook Comments