Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, Gubernur Arinal Berharap Jadi Momentum Tingkatkan Semangat Juang dalam Membangun Daerah

63

KLIK BANDAR LAMPUNG —- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap peringatan Hari Ibu Ke-95 menjadi momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun daerah Lampung.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-95 Tahun 2023. Semoga peringatan ini, dapat dijadikan momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun daerah Lampung sesuai dengan keahlian dan tanggung-jawabnya masing-masing,” ujar Gubernur Arinal Djunaidi pada Acara Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Balai Keratun Lt. III, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Rabu (13/12/2023).

Peringatan Hari Ibu bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Provinsi Lampung, selalu menjadi momentum khusus. Peringatan Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat, tetapi lebih dari itu, Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.
“Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah keniscayaan,” ujarnya.

Gubernur Arinal menjelaskan selama kurang lebih hampir tiga tahun pandemi memberikan situasi baru bagi perempuan Indonesia. Selain itu, situasi pascapandemi dengan segala tantangan-tantangan baru yang muncul menjadi babak baru bagi perjuangan perempuan Indonesia.
“Rekam jejak kontribusi perempuan Indonesia membangkitkan ekonomi keluarga selama pandemi merupakan salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia selalu hadir dalam setiap momen perjuangan bangsa,” jelasnya.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, “Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju”, tidak hanya sekadar rangkaian kata, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kekuatan perempuan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan kemajuan di semua lapisan masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung yang kita cintai.
“Tema tersebut pula, mencerminkan tekad kita untuk memberdayakan setiap perempuan di Lampung agar dapat turut serta aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan dan merata. Perempuan di Provinsi Lampung telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial-budaya,” ucap Gubernur Arinal.

“Mereka adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan menuju Rakyat Lampung Berjaya,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu Tahun 2023 kali ini mengambil tema Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju.

Adapun maksud dan tujuan memperingati Hari Ibu, jelasnya Ibu Riana yakni Pertama, memperingati awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis, berkarya, berkreativitas, berorganisasi, dan berkontribusi dalam pembangunan.
Dan Kedua, memaknai kembali semangat perempuan dalam mengambil peran dalam pembangunan.

Dalam memperingati Hari Ibu Provinsi Lampung ke-95 Tahun 2023, Lanjutnya, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan antara lain, Pertama, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Desa SIGER (bebas StuntInG, pEduli anak dan ramah peRempuan) di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Desa SIGER ini merupakan program berbasis kewilayahan yang mengkolaborasikan program dari pemerintah daerah, Tim Penggerak PKK dan organisasi masyarakat.

Kedua, Donor Darah bekerjasama dengan PMI Provinsi Lampung bertempat di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung pada tanggal 6 Desember 2023. Alhamdulillah pelaksanaan donor kali ini berhasil mengumpulkan 216 kantong darah.

Ketiga, Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung pada tanggal 6 Desember 2023.
Keempat, Kegiatan Bakti Sosial Gerakan Siger (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) yaitu membagikan bahan masakan dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan secara serentak pada tanggal 8 Desember 2023.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh organisasi wanita Provinsi Lampung dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung.

Kelima, Puncak Peringatan Hari Ibu dan dilanjutkan dengan Webinar dengan tema “Superwoman: Work and Family” yang kita laksanakan pada hari ini, tanggal 13 Desember 2023.

Sedangkan rangkaian yang akan dilaksanakan antara lain Kegiatan Pengajian dan Bakti Sosial ke Lapas Perempuan pada tanggal 15 Desember 2023. Serta Nonton Bareng Ketua TP PKK Provinsi Lampung bersama Ibu dan Anak-anak penderita Thalasemia.

Dalam acara itu juga terdapat penyerahan penghargaan kepada Pelaksana Terbaik Desa SIGER Provinsi Lampung tahun 2023 oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal. (Adpim)

Facebook Comments