PMKRI Bandar Laampung berasama Ikatan Mahasiswa Papua Lampung Gelar diskusi Merefleksikan Hidup Papua Sebagai Misteri

42

KLIK BANDAR LAMPUNG —– Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Bandar Lampung melakukan diskusi tentang “Merefleksikan Hidup Papua Suatu Misteri” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 30 November 2023 yang bertempat di Margasiswa PMKRI Bandar Lampung.

Ketua Presidium PMKRI B.Lampung, Robertus Linggar Setiaji mengatakan saat ini kita tahu bahwa literasi tentang apa yang terjadi di papua saat ini hanyalah sparatisme dari aktivis-aktivis papua yang selalu di tampilkan di media media nasional, jarang sekali ada berita tentang bagaimana kultur, kehidupan masyarakat papua bahwa masih banyak masyarakat yang tidak diberikan hak pendidikan dan lainnya.

“Literasi itu tidak di dapatkan oleh masyarakat yang bukan asli papua, akibatnya kita tau bahwa sikap keberbedaan dan stigma buruk tampil dari kacamata masyarakat luar daerah papua” ujarnya.

“Mengenai kejadian yang menimpa salah satu anak papua yang sedang mengenyam pendidikan, saya rasa yang harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah adalah keterbukaan dengan daerah-daerah untuk berdiskusi, apa yang dimau negara dengan apa yang di mau daerah secara diplomasi bukan genjatan senjata yang selalu memakan korban jiwa dan ketakutan masyarakat sipil” tuturnya.

Sementara itu, Presidium Gerakan Kemasyarakatan PMKRI B.Lampung, Dominggus Kosamah, menyampaikan bahwa
Semua anak muda papua memiliki beban yang sangat berat yaitu mengubah prespektif orang tentang anak papua.

“Cara mengubahnya bagaimana? Yaitu anak papua Harus mampu mengekspresikan diri mereka melalui dengan berbagai kegiatan, ikut aktif dalam organisasi – organisasi mahasiswa serta memiliki literasi atau pemahaman yang baik untuk memajukan papua” imbuhnya.

Facebook Comments