Sekdaprov Fahrizal Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95

77

KLIK BANDAR LAMPUNG —- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung (Sekdaprov) Fahrizal Darminto memimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Bandarlampung, Sabtu(28/10/2023).

Upacara diikuti oleh jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, sejumlah pleton dari berbagai unsur satuan, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korpri, Resimen Mahasiswa, siswa/i SMA/K, serta organisasi kepemudaan di Provinsi Lampung. Juga hadir pejabat tinggi pratama Pemerintah Provinsi Lampung.

Sekdaprov Fahrizal membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Menpora).
Dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

Ini kemudian melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Dilansir dari buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-95 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Tema tersebut dimaknai sebagai upaya untuk selalu membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia, memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.

Serta meraih peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Pada Upacara ini, Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan sejumlah penghargaan kepada Pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Lanpung Tahun 2023.

Kategori Bidang Agama, Sosial, dan Budaya diraih oleh Baskoro Wicaksono asal Kota Metro, dan mendapatkan Juara tiga Nasional Pemuda Pelopor Tahun 2023.

Kategori Bidang Inovasi Teknologi Pemuda Pelopor Tahun 2023 Tingkat Provinsi Lampung diarih oleh Andri Atri Susilo asal Kabupaten Lampung Tengah.

Selanjutnya pada Bidang Sumber Daya Alan (Lingkungan dan Pariwisata) Pemuda Pelopor Tahun 2023 Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh Saiful Ihsan asal Kabupaten Lampung Tengah.

Kemudian Pemuda Pelopor Tahun 2023 Tingkat Provinsi Lampung Bidang Pendidikan diraih oleh Amin Khaerudin, yang juga merupakan pemenang pertama Pemuda Pelopor Tahun 2023 Tingkat Nasional.

Pada bidang Pangan Pemuda Pelopor Tahun 2023 Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh Octavianus Petra Christianto asal Kabupaten Lampung Tengah.
(Adpim)

Facebook Comments