Gubernur Arinal dan Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung Ikuti Upacara Peringatan HUT TNI ke -78

35

KLIK BANDAR LAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan jajaran unsur Forkopimda Provinsi Lampung menghadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke -78 di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Kamis (5/10/2023).

Sebagai Inspektur Upacara yaitu Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, dengan tema yang diusung TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju

Jajaran Forkopimda yang hadir diantaranya Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Kabinda Lampung Brigjen Pol. Harseno, Asintel Kajati Prov Lampung Dr. Aliansyah, Danlanal Lampung (Kol. Laut (P) Mohammad Nizarudin, Mewakili Dan Brigif Pasintel Brigif 4 Mar/ BS Letkol Mar Tantahara, Danlanud Pangeran M. Bunyamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto.

Dalam Amanat Panglima TNI yang dibacakan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf, Ia menyampaikan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.
Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini,” ujarnya.

Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan.

“Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 tni, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan tni yang profesional, modern, dan tangguh,” jelasnya.

Iwan Ma’ruf menyampaikan peringatan hari ulang tahun ke-78 tni pada tahun 2023 ini, dengan mengusung tema TNI Patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk indonesia maju, mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. dimana akan dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota legislatif serta pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kotamadya,” katanya.

Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut, lanjut Iwan Ma’ruf, akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, jelasnya, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Usai pelaksanaan Upacara Peringatan HUT TNI, acara dilanjutkan dengan syukuran dan ramah tamah

Dalam acara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyampaikan dengan penuh rasa bangga mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-78. Tetap semangat TNI Patriot NKRI mengawal demokrasi untuk Indonesia Maju.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya menyambut baik terlaksananya kegiatan hari ini. Kiranya kegiatan ini merupakan wujud syukur kehadiran TNI di senantiasa hadir tumbuh dan berkembang dan berjuang bersama rakyat untuk menjaga melindungi dan Negara Kesatuan RI,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menyampaikan pada hari ini, TNI telah mencapai usia yang cukup matang, yakni 78 Tahun mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia, dengan berbagai halangan dan rintangan yang telah berhasil dilalui, sehingga menang dalam medan perang.

“Generasi muda TNI dari tiga matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU, merupakan prajurit tangguh yang diharapkan menjadi prajurit yang profesional, tangguh dan dapat menjalankan tugas operasi militer perang dan operasi militer selain perang dengan baik,” ujar Gubernur Arinal.

Melalui HUT TNI ke-78 tahun ini, Gubernur Arinal, berharap kepada seluruh prajurit TNI Wilayah Provinsi Lampung dimana pun berada dan bertugas, agar bisa memberikan dedikasi dan pengabdian terbaiknya terhadap kedinasan dan lingkungan serta kepada masyarakat disekitarnya dan tetap menjaga sinergitas terhadap Forkopimda wilayah Lampung. (Adpim)

Facebook Comments