Pemprov Lampung dan PMI Gelar Kegiatan Siger Donor Darah dalam Rangka Menyambut HUT RI ke-78

59

KLIK BANDARĀ  LAMPUNG —- Pemerintah Provinsi Lampung bersama PMI menggelar kegiatan Siger Donor Darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, di Gedung Balai Keratun Ruang Abung, Kompleks Kantor Gubernur, Bandarlampung, Senin (15/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekdaprov Fahrizal Darminto yang ikut serta mendonorkan darahnya.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Lampung bersama PMI khususnya program Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat yang Membutuhkan (Siger).

Sekretaris PMI Provinsi Lampung Fitriantita Damhuri menjelaskan, pelaksanaan Donor Darah hari ini targetnya adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN), serta masyarakat di Lingkungan Kantor Pemerintah Provinsi Lampung.

Panitia menargetkan sebanyak 200 peserta yang ikut serta.
“Namun dalam pelaksanaannya mudah-mudahab akan melewati target yang ingin dicapai PMI Provinsi Lampung karena sejak dimulai pagi tadi, kasur donor tidak pernah ada yang kosong,” ujar Fitri.

Fitri menyampaikan bahwa Gerakan Siger Donor Darah merupakan inisiasi dari Ketua PMI Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal. Menurutnya, berbagi tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan bahan makanan atau sembako, namun setetes darah yang diberikan dapat sangat berarti bagi orang yang membutuhkan.

Berdasarkan informasi dari aplikasi Donorku, saat ini stok packed red cell (PRC) atau sel darah merah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Lampung tergolong aman.
Dengan keterangan 265 PRC Golongan darah A, 351 PRC Golongan darah B, 87 PRC Golongan darah AB, dan 505 PRC Golongan darah 0.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek. (Adpim)

Facebook Comments