BBPOM di Bandar Lampung bersama Anggota DPR RI Edukasi Masyarakat Cerdas Memilih Obat dan Makanan Aman

50

KLIK BANDAR LAMPUNG – BBPOM di Bandar Lampung menggandeng anggota Komisi IX DPR RI melaksanakann KIE di 10 titik di berbagai wilayah di Provinsi Lampung. Acara yang dilaksanakan sejak 4 sampai 13 Agustus 2023 itu dihadiri oleh 5 ribu peserta.

Para peserta mendapatkan sosialisasi tentang obat dan makanan yang aman dari selaku narasumber, yaitu Drs. Zamroni, Apt selaku Plt. Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung dan Dian Istiqomah, S.Kep, anggota Komisi IX DPR RI.

Kegiatan ini digagasal berawal dari fenomena banyaknya masyarakat yang masih membeli obat racikan yang tidak berizin edar, pemakaian obat yang tanpa memperhatikan indikasi dan efek samping obat.

Minimnya pengetahuan tentang bahaya pemakaian obat antibiotika yang tidak memenuhi aturan, sehingga menyebabkan bahaya resistensi antibiotika.

Kemudian, masih banyak fenomena masyarakat yang membeli kosmetik ilegal dan tergiur dengan iklan yang menyesatkan, begitu juga dengan konsumsi jamu atau obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat.

Selain itu, masih susahnya dan kurangnya pengetahuan tentang makanan aman sehat dan bermutu. Masih ditemukannya penggunaan bahan berbahaya, yaitu boraks, formalin, methanil Yellow dan Rhodamin B yang beredar di masyarakat.

“Kami mengajak masyarakat Lampung untuk cerdas dalam memilih obat dan makanan aman yaitu dengan Cek Klik (cek kemasan, label, izin edar dan kadaluarsa ), serta tidak percaya fenomena katanya-katanya. Percayalah kata BPOM,” ujar Zamroni dan Dian Isriqomah, kompak.

Untuk informasi dan pengaduan masyarakat bisa menghubungi Call Me Back Ulun Lampung ke 0821 8080 6008. (*)

Facebook Comments