Ibu Riana Sari Arinal Tutup Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling Tahun 2023 di Way Kanan

18

KLIK WWAY KANAN —– Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL) Ibu Riana Sari Arinal menutup kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Tahun 2023 di Kabupaten Way Kanan, di Aula Kecamatan Blambangan Umpu, Senin (7/8/2023).

Pada acara itu, Ibu Riana memberikan bantuan 25 unit kursi roda kepada penyandang disabilitas

Ibu Riana mengapresiasi suksesnya pelaksanaan kegiatan UPSK di Way Kanan sebagai bentuk komitmen kehadiran pemerintah, khususnya untuk penyandang disabilitas.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi- tingginya atas suksesnya pelaksanaan kegiatan UPSK di Way Kanan, karena dengan kegiatan ini kehadiran pemerintah, khususnya untuk penyandang disabilitas dan masyarakat pada umumnya terasa begitu sangat dekat, dalam hal memberikan pelayanan sosial yang komprehensif dan berkelanjutan,” ujar Ibu Riana.

Ia mengatakan UPSK ini merupakan program yang layak untuk dilanjutkan dan diperluas jangkauan wilayahnya.

Ia pun meminta agar Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk juga dapat mengadopsi kegiatan UPSK ini didalam program kerjanya.

“Ini guna meningkatkan jangkauan pelayanan sosial penyandang disabilitas. Kepedulian kita terhadap keberadaan penyandang disabilitas di lingkungan masing-masing sangatlah penting,” katanya.

Ibu Riana mengajak pihak keluarga memberi dukungan sosial agar dapat menjadi kekuatan bagi para penyandang disabilitas.

Menurutnya, setiap penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama untuk memiliki masa depan termasuk berhak mendapatkan pendidikan, kesehatan, perlindungan dan kesempatan memaksimalkan potensi diri dalam meningkatkan kemandirian.

“Marilah kita semua untuk senantiasa menguatkan tekad, berkontribusi dan bersinergi dalam memberi penghormatan, pelayanan dan pemenuhan hak- hak penyandang disabilitas guna mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi mengatakan atas kepedulian terhadap penyandang disabilitas, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dinobatkan sebagai Gubernur Peduli Penyandang Disabilitas.

“Dan pada puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Komisi Nasional Disabilitas RI menganugerahkan kepada Gubernur Lampung penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi. Lampung merupakan Provinsi pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ujar Aswarodi.

Aswarodi menjelaskan untuk kegiatan UPSK di Way Kanan ini merupakan kegiatan yang ke empat dari rangkaian pelaksanaan UPSK di Provinsi Lampung.

Ia menjelaskan UPSK adalah kegiatan mendekatkan layanan rehabilitasi kepada penyandang disabilitas dengan menghadirkan tenaga medis, dokter kejiwaan, psikolog dan pekerja sosial.

“Tim bekerja diawali dengan pemeriksaan oleh tim medis untuk menentukan derajat kedisabilitasan, dilanjutkan assesment oleh psikolog dan pekerja sosial yang hasilnya dalam bentuk rekomendasi jenis intervensi yang diberikan kepada penyandang disabilitas,” ujarnya.

Aswarodi menyebutkan di setiap lokasi pelaksanaan UPSK, pihaknya memberikan layanan kepada 100 penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan itu, sebagai salah satu bentuk internvensi dari tahap akhir UPSK di Way Kanan, diserahkan bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas seperti dalam bentuk bantuan kursi roda sebanyak 25 unit dan layanan alat bantu kaki palsu kepada 2 orang.

“Alhamdulillah ada bantuan kursi roda juga dari Bapak Bupati Way Kanan sebanyak 24 unit,” katanya.(Adpim)

Facebook Comments