Gubernur Arinal Hadiri Pameran Hasil Karya Mahasiswa KKN Siger Berjaya Tahun 2023 di Teluk Pandan Pesawaran

54

KLIK PESAWARAN —— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri acara Expo hasil karya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya Tahun 2023 di Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Pesawaran, Rabu (26/7/2023). Pada acara itu, Gubernur juga memonitor KKN Siger Berjaya.

Acara Expo tersebut merupakan rangkuman serta pameran berbagai hasil karya serta Program Kerja para peserta KKN di desanya mengabdi.

Selain itu, ada berbagai macam hasil kerjainan tangan yang dihasilkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti batik, tapis, sulam usus dan berbagai macam kerajinan lainnya maupun hasil bumi.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Arinal menyampaikan ucapan terimakasih dan apreasiasi atas kolaborasi Peruruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Provinsi Lampung sehingga dapat terwujudnya kegiatan KKN ini.

Ia mengatakan penyelenggaraan KKN merupakan salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat untuk mengaplikasikan segala ilmu akademis selama melakukan proses pembelajaran.

Gubernur Arinal mengungkapkan ketertarikannya terhadap tema yang dipilih oleh peserta KKN mengenai pembangunan berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (EfSD).

Ia berpendapat implementasi EfSD akan sulit memperoleh hasil optimal ketika mengabaikan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan tata kelola yang menyertai implementasi EfSD.

Gubernur Arinal juga mengatakan program yang mengangkat topik EfSD ini tentunya harus terintegrasi pada 3 pilar yaitu ekonomi, ekologi, dan sosiopolitik.

Menurutnya hal tersebut telah sesuai dengan salah satu program kerja dalam KKN ini, yaitu pengembangan makanan-makanan tradisional seperti Gula Semut, Sirup Buah Pala, Rumput Laut Makanan Sehat dan masih banyak lagi.

Gubernur Arinal berharap para peserta KKN harus mampu menjadi penggerak untuk menumbuhkan kesadaran akan hal-hal mengenai pembangunan berkelanjutan.

“Caranya tentu rekan-rekan muda memiliki daya magis dan kreatifitas untuk berpikir out of the box,” ujarnya.

Lebih dari itu, ia juga berharap produk yang diciptakan pada KKN Siger Berjaya ini dapat memberikan manfaat serta kebekahan bagi masyarakat Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran.

Sebagai informasi, KKN Siger Berjaya sendiri diikuti peserta sebanyak 346 mahasiswa yang difokuskan di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan yang Multilatelar yang diikuti oleh 5 Perguruan Tinggi di Lampung yaitu Universitas Lampung, UIN Raden Intan Lampung, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Bandar Lampung dan IBI Darmajaya serta Universitas Bengkulu ini diadakan selama 40 hari.

Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia mengatakan, KKN Siger Berjaya lebih mengedepankan penanaman wawasan Siger Berjaya dan rasa cinta tanah Lampung kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar di masyarakat yang menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realita kehidupan.

Program ini lanjutnya, merefleksikan pengetahuan teori yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan yang mampu mematangkan kepribadian mahasiswa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat membantu KKN ini dengan mensinergikan program pemerintah yang relevan dengan program Mahasiswa KKN.

“Kami berharap kerjasama ini akan saling memberikan kontribusi baik pada kami maupun pada Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.(Adpim)

Facebook Comments