Peringatan Harganas ke-30, Gubernur Arinal Ajak Wujudkan Rakyat Lampung Berjaya Melalui Pembangunan Keluarga yang Edukatif dan Perhatian terhadap Pemenuhan

61

KLIK BANDAR LAMPUNG ——— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak masyarakat untuk membangun keluarga yang edukatif dan memperhatikan pemenuhan gizi untuk mencegah stunting.

Ajakan Gubernur itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dalam acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tingkat Provinsi Lampung di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Kamis (13/7/2023).

Acara yang mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju” ini juga dihadiri oleh Ketua Bidang 1 TP-PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana dan Kepala Dinas PP & PA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri.

Dalam sambutannya, Fahrizal mengatakan basis pembangunan dasar Nasional, Provinsi hingga Kabupaten dan Kota terletak pada kekuatan keluarga.

Ia meyakini nilai-nilai yang ada di dalam keluarga dapat membantu tercapainya visi pemerintah pusat yaitu Indonesia Emas tahun 2045.

Ia juga berpendapat jika di suatu keluarga memiliki anak-anak yang sehat, cerdas dan kuat sehingga memiliki daya saing, maka hal tersebut merupakan pondasi yang kuat bagi pembangunan masa depan bangsa Indonesia.

“Kalau titik pertahanan yang paling bawah keluarga itu lemah, tidak mungkin itu bisa tercapai, oleh karena di keluarga lah kita bisa mengharapkan anak-anak bisa tumbuh dengan baik, tumbuh dengan sehat, cerdas dan kuat sebagaimana mara keluarga berencana,” ujarnya.

Fahrizal mengajak semua pihak dan instansi terkait untuk terus bahu-membahu serta berkontribusi aktif dalam pembangunan nasional serta mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya melalui pembangunan keluarga dengan terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik sehingga dapat menurunkan angka stunting di masa depan.

“Keluarga harus punya rencana, di keluarga lah dibentuk tunas-tunas bangsa yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Fahrizal mengatakan pemerintah Provinsi Lampung akan terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan sehingga dapat menurunkan angka pengangguran terbuka dan kemiskinan.

Lebih dari itu, ia mengatakan upaya tersebut juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kita persiapkan modal dasarnya, harus kota siapkan juga tempat mereka berkarya, bekerja, bekerja dengan tingkat penghasilan yang memungkinkan untuk menjadi keluarga yang sejahtera, menjadi keluarga yang memiliki kemakmuran yang memadai,” ujarnya.

Fahrizal berharap dengan kesadaran yang tulus dan pemahaman yang mendalam akan arti pentingnya peran dan fungsi keluarga dalam bermasyarakat dan berbangsa, diharapkan di masa-masa yang akan datang dapat menjadi keluarga-keluarga yang berkualitas.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil BKKBN Provinsi Lampung Nurizky Permanajati mengatakan Harganas merupakan momentum untuk memperbaiki kualitas kehidupan keluarga secara berkelanjutan.

Ia juga mengatakan bahwa acara peringatan ini merupakan suatu kegiatan terpadu yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada keluarga-keluarga di Provinsi Lampung agar bersama-sama membangun keluarga sejahtera guna mewujudkan keluarga yang berketahana untuk Lampung Berjaya.(Adpim)

Facebook Comments