Tangani Kerawanan Pangan, Stunting dan Kemiskinan, Gubernur Arinal Luncurkan Bantuan Pangan Beras Pemerintah dan Pasar Murah di Kabupaten Pringsewu

44

KLIK PRINGSEWU —— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan bantuan pangan beras pemerintah dan pelaksanaan pasar murah di Lapangan Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Kamis (13/4/2023).

Arinal mengatakan program bantuan ini bertujuan untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, dan mengendalikan dampak inflasi.

Ini juga sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Maret 2023 yang menugaskan Perum Bulog untuk segera melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan.

“Saya meminta kepada semua instansi terkait untuk dapat membantu memaksimalkan bantuan ini sampai kepada masyarakat agar tepat sasaran,” katanya.

Arinal juga meminta untuk dioptimalkan pelaksanaan penyaluran program bantuan pangan dalam bentuk beras tersebut.

Menurut Arinal, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya akan memperoleh bantuan sebanyak 10 Kg/KPM/bulan dengan kualitas beras CBP (Cadangan Beras Pemerintah) Medium.

Pelaksanaan bantuan pangan beras ini dilaksanakan selama tiga bulan alokasi yaitu Maret, April dan Mei 2023.

Untuk penerima Bantuan Pangan wilayah Lampung diberikan kepada 830.789 juta KPM selama 3 bulan tersebut dan untuk Kabupaten Pringsewu telah dialokasikan untuk 40.490 KPM sebanyak 404.900 Kg.

“Saya berharap Bantuan Pangan Beras ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat kita, serta menjadi langkah awal dalam memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Arinal menyebutkan terhadap pelaksanaan pasar murah ini juga dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan dibulan Ramadhan dan Menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Mari bekerja membantu sesama, rakyat sejahtera Lampung Berjaya,” katanya.

Selain bantuan pangan, dalam kesempatan itu Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 50 paket.

Selanjutnya bantuan ternak, terdiri dari Sapi Peranakan Ongole sebanyak 10 ekor, Kambing Boer sebanyak 4 ekor, Kambing sebanyak 25 ekor.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung Etik Yulianti mengatakan pada pelaksanaan kegiatan pasar murah ini juga menghadirkan UMKM lokal.

“Pasar murah ini diantaranya penjualan daging, telur, bawang merah, bawang putih, gula pasir dan minyak goreng. Semua tersedia dan dengan harga yang lebih murah,” ujar Etik.

Pada kesempatan itu, Gubernur berkesempatan melakukan kunjungan ke Gudang filial Perum Bulog Lampung yang berada di Kecamatan Ambarawa.(Adpim)

Facebook Comments