Ibu Riana Sari Arinal Dilantik sebagai Ketua Kehormatan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia Masa Bakti 2022-2027

66

KLIK BANDARLAMPUMG —- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal dilantik sebagai Ketua Kehormatan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Wilayah Lampung Masa Bakti 2022-2027 oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PPTI Ny. Raisis Arifin Panigoro di Ballroom Hotel Emersia, Sabtu (18/03/2023).

Pelantikan juga dilakukan kepada Pengurus Wilayah Provinsi dan 15 Pengurus Cabang Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Pada kesempatan itu, Ketua BPP-PPTI Ny. Raisis Arifin Panigoro mengapresiasi kinerja Gubernur Lampung yang berkomitmen untuk menanggulangi TBC di Provinsi Lampung dengan membentuk Tim Percepatan Penanggulangan Tuberkuliosis di Provinsi Lampung.
“Selanjutnya saya berharap agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mengikuti langkahpercepatab tersebut guna mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Global TB Report tahun 2022, Indonesia menempati urutan ke dua dunia yang memiliki beban kasus TBC tertinggi.

Berdasarkan hal tersebut, Komitmen Pemerintah dalam eliminasi TBC ditegaskan oleh Baoak Presiden Republik Indonesia dalam Kegiatan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC tahun 2030, dan Penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021, tentang Penanggulangan Tuberkuliosis.

“Saya yakin dan percaya bahwa kepengurusan PPTI di tingkat wilayah, cabang naupun anak cabang akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya kerjasama dan kemitraan dengan Pemerintah Daerah, maupun stakehokders yang lain,” kata Raisis.

Penyakit tuberkulosis merupakan salah satu dari empat penyebab teratas kematian di Indonesia Dari jumlah kasus yang ada, baru dua per tiga yang ditemukan dan diobati, sehingga sisanya sebanyak sepertiga belum diobati dan berisiko menjadi sumber penularan bagi orang disekitarnya.

Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan, namun diharapkan dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan kerjasama yang baik, penyakit tuberkulosis di Provinsi Lampung dapat terkendali.

Sementara itu, Ibu Riana Sari Arinal, dalam sambutannya, menyampaikan dirinya mewakili seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang PPTI se-Provinsi Lampung masa bakti tahun 2022-2027 mengucapkan terima kasih atas amanah yang telah diberikan.

“Semoga kami dapat mengemban amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan,” katanya.

Ibu Riana juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Ibu Ketua Umum beserta Ibu Sekjen PPTI Pusat atas kehadirannya di Bumi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai.

Ibu Riana berpesan setelah pelantikan ini segenap pengurus PPTI di setiap cabang dengan didampingi pengurus wilayah untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menggalang dukungan dan komitmen, termasuk dunia usaha dan perguruan tinggi.

Juga agar dapat segera membentuk Pengurus Anak Cabang PPTI di tingkat Kecamatan atau Wilayah Puskesmas.

Ibu Riana berharap pengurus wilayah maupun Kabupaten/Kota agar dapat melakukan kerjasama dan sinergi dengan organisasi lainnya seperti organisasi profesi kesehatan, PKK, Yayasan Kanker Indonesia, Palang Merah Indonesia dan lainnya.

“Manfaatkan kader-kader yang sudah ada dengan meningkatkan kapasitasnya, sehingga dapat menjadi ujung tombak dalam pengendalian TBC melalui kegiatan edukasi, penemuan dini kasus atau terduga kasus TBC, pemantauan pengobatan dan sebagainya”, ujar Riana.

Kegiatan pelantikan diakhiri dengan Penandatanganan berita acara pelantikan, dan dilanjutkan dengan foto bersama.(Adpim)

Facebook Comments