Gelar acara Seni Budaya Lampung “Nyubuk Majeu” Festival MEGOU PAK Tulang Bawang dalam Rangka HUT Kabupaten Tulang Bawang ke-26 Tahun 2023 berhasil memecahkan rekor Muri dengan peserta “Nyubuk Majew” terbanyak se-Dunia

200

KLIK Tulang bawang – Kabupaten Tulang Bawang kembali pecahkan rekor Dunia dengan gelaran perhelatan “Nyubuk Majew”. Acara ini Diikuti sebanyak 1.320 peserta yang berasal dari OPd Se- Kabupaten Tulang Bawang.

Pergelaran Seni Budaya Lampung “Nyubuk Majeu” di hadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang dalam kegiatan ini di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan bapak Syaiful Darmawan Dan dihadiri perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI), Perwakilan bupati se-Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Tulang bawang, pimpinan dan anggota DPRD Tulang Bawang, Tokoh Adat Megou Pak Tulang Bawang, Pejabat Pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional di lingkup pemkab Tulang bawang serta dihadiri oleh masyarakat kabupaten Tulang bawang khususnya kecamatan menggala.

Kegiatan di buka secara langsung oleh pejabat bupati Tulang Bawang bapak Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M yang dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Tulang Bawang “Sai Bumi Nengah Nyappur” kepada bapak Syaiful Darmawan beserta para undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Bapak Qudratul ikhwan juga menjelaskan kabupaten Tulang bawang memiliki banyak warisan budaya benda maupun bukan benda, yang salah satunya warisan budaya tak benda adalah Seni Budaya “Nyubuk Majew” seni budaya yang merupakan asli dari provinsi lampung khusus nya berasal dari Lampung pepadun yang menjadi mayoritas di kabupaten Tulang bawang.

Terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap seni budaya lokal, sekaligus sebagai rangkain agenda tahunan Festival Megou Pak Tulang Bawang ke-26 tahun 2023.

“Saya mengajak masyarakat untuk bangga atas terlaksananya acara “Nyubuk majew” di kabupaten Tulang Bawang, karena kita telah berhasil memecahkan Rekor MURI dan menjadi salah satu kado di HUT KE-26 Kabupaten Tulang Bawang yang bertema “Udang Manis” semoga dengan meraih prestasi ini memotivasi kita untuk terus melestarikan budaya dan bidang -Bidang lainnya”.

“Saya juga berterimakasih kepada tokoh adat Megou Pak yang telah mempertahankan dan memajukan budaya lokal, semoga budaya khas Tulangbawang semakin dicintai oleh masyarakat”

Sementara sambutan Gubernur lampung yang diwakili bapak Syaiful Darmawan menyebut bahwa kagiatan ini menjadi salah satu upaya melestarikan budaya lampung sebagai kebudayaan nasional tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat.

“Saya menilai momen ini sangat tepat memiliki nilai strategis selain untuk meningkatkan jalinan silahturahmi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya di daerah lampung, memajukan sektor pariwisata di lampung agar lebih berkembang dalam mendukung pembangunan di daerah “Sang Bumi Ruwa Jurai” yang kita cintai”( Dan )

Facebook Comments