Buka Rakerda Dekranasda Tahun 2023, Ibu Riana Sari Arinal Ajak Peserta Maknai Semangat Bersinergi dalam Mengembangkan Kerajinan Lampung

39

Klik BANDAR LAMPUNG —-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda di Aula Permaisuri Kantor Dekranasda Provinsi Lampung, Senin (30/01/2023).

Rakerda bertema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” ini diharapkan dapat dimaknai sebagai semangat bersinergi dalam mengembangkan kerajinan Lampung melalui kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Ibu Riana Sari Arinal menjelaskan bahwa Rakerda Dekranasda tahun 2023 ini bertujuan untuk menyusun dan mensinergikan program kerja yang akan menjadi pedoman dan pijakan organisasi dalam bekerja selama 1 (satu) tahun ini.

“Sinergitas menjadi kata kunci dalam penyusunan program kerja dan telah terbukti sangat mumpuni terutama setelah kita bersama-sama menghadapi masa pandemi Covid-19, yang saat ini sudah melandai,” ujar Riana.

Seperti diketahui, Dekranasda sebagai sarana untuk menghimpun potensi para pemangku kepentingan dalam mengembangkan produk kerajinan. Ini merupakan upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah. Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah.

Sejalan dengan hal tersebut, Ibu Riana menyampaikan bahwa fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi dengan baik.

“Sinergitas tersebut harus tertuang dalam program-program kerja yang implementatif dan solutif hingga pada akhirnya upaya pengembangan kerajinan dan para perajinnya dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Ibu Riana berharap agar Rakerda ini menjadi momentum kebangkitan kembali industri kerajinan yang berbasis budaya bangsa dengan terus melakukan program-program nyata di daerah masing-masing.

Ibu Riana mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Dekranasda di masing-masing Kabupaten/Kota atas dukungannya selama ini terhadap para pengrajin di Provinsi Lampung.

Dia berpesan kepada para peserta Rakerda untuk menyampaikan kepada perajin binaan dimasing-masing Kabupaten/Kota untuk terus melakukan inovasi karya.

“Saya berpesan kepada ketua Dekranasda Kabupaten/Kota agar terus konsisten membina pengrajin di daerah dan dapat diinovasikan dengan berkolaborasi dengan designer Lokal maupun Nasional, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat wastra daerah ke ranah Internasional,” ujarnya.

Kegiatan Rakerda juga diisi dengan Pelaporan Program Kerja Tahun 2022 oleh Sekretaris Dekranasda Rusdiana Dewi. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi struktur Pembiayaan Daerah Mendukung Program Kerja Dekranasda oleh Kepala Bapeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Provinsi Lampung selaku Ketua Pelaksana kegiatan Rakerda Mamiyani Fahrizal Darminto menyampaikan kegiatan Rakerda ini bertujuan untuk menyampaikan laporan kegiatan Dekranasda Provinsi Lampung tahun 2022.

“Selain itu, melalui kegiatan ini saya berharap sebagai media sinkornasi program kerja Dekranasda tahun 2023 bersama Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,” ujar Mamiyani. (Adpim)

Facebook Comments