Silarurahmi Pemprov Lampung dengan Pemkab Lamtim, Gubernur Arinal Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Sambut Tahun 2023 dengan Sikap Optimisme Menuju Lampung Berjaya

66

Klik LAMPUNG TIMUR —— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lampung Timur untuk terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Lampung menghadirkan program dan pembangunan yang langsung menyentuh rakyat dan menyambut tahun 2023 dengan optimisme menuju Lampung Berjaya.

Hal itu disampaikan Gubernur saat Silarurahmi Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di Balai Desa Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (27/12/2022).

“Ayo kita sinergi mewujudkan cita-cita Lampung Berjaya. Mari berbuat banyak sebelum berakhir masa pensiun, karya anda semua ditunggu oleh masyarakat Lampung Timur,” ujar Arinal.

Arinal mengatakan beberapa contoh program kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat seperti Smart Village dan Kartu Petani Berjaya (KPB).

Menurutnya, seluruh elemen di Kabupaten Lampung Timur diharapkan mendukung dan mempercepat implementasi program tersebut untuk kesejahteraan masyarakat.

“Program Smart Village ini merupakan peningkatan kapasitas aparatur desa untuk melayani masyakat serta pemberdayaan desa, sedangkan KPB ini lahir dari niat saya yang ingin melihat petani Lampung sejahtera,” katanya.

Ia menjelaskan melalui KPB ini petani tidak akan lagi sulit mendapatkan modal usaha, pupuk, benih dan lainnya.

“Melalui program KPB, petani juga bisa mendapatkan pembinaan manajemen usaha dan teknologi, pemasaran hasil usaha pertanian dan layanan asuransi usaha dan jaminan ketenagakerjaan, serta beasiswa pendidikan bagi anak petani,” ujarnya.

Arinal mengatakan program KPB ini sebagai strategi penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi.

“KPB akan mampu mengangkat harkat dan martabat petani melalui peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya,” katanya.

Arinal meminta agar dipetakan wilayah mana di Kabupaten Lampung Timur yang warganya masih sangat miskin untuk masuk ke dalam Program Desa Baznas melalui pengembangan hewan ternak.

Pogram ini nantinya membantu warga miskin meningkat kesejahteraannya yang secara langsung berdampak pada peningkatan perekonomian serta menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak nasional.

“Seperti kambing dan bebek, dengan harapan masyarakat miskin akan lebih baik lagi kesejahteraannya. Ini menjadi daya dukung sektor ekonomi kerakyatan, karena membangun Lampung ini, saya mengedepankan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Arinal menuturkan dengan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lampung Timur, untuk dapat menempatkan pegawai yang sesuai dengan bidang dan profesinya sehingga program-program kerja bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Saya pesan ketika anda para Kepala OPD diberikan amanah, kuasi benar bidang tugas itu, pahami masalah tugas serta kenali medan tugas itu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal menuturkan di Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan pemeliharaan di beberapa ruas jalan Kabupaten Lampung Timur yang menjadi kewenangan Provinsi.

Terdiri dari Ruas Belimbing Sari – Jabung, Ruas Jabung – SP. Labuhan Maringgai, Ruas Metro – Tanjung Kari dan Ruas Sukadamai – Kibang.

Arinal mendorong kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa untuk bersama mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung.

Menurutnya, untuk itu dibutuhkan peningkatan kapasitas pemerintahan melalui reformasi birokrasi dan transformasi digital dengan pemanfaatan teknologi informasi (e-KPB) dan peningkatan kapasitas kelembagaan ASN.

Serta lakukan koordinasi, sinergi, partisipasi serta kontribusi antar jenjang pemerintahan.

“Saya juga menginginkan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada publik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Harus mempunyai inovasi di lingkungan eksternal organisasi untuk dapat memberi pengaruh kinerja organisasinya dengan baik,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo dan Azwar Hadi.(Adpim)

Facebook Comments