Silaturahmi Bersama Seluruh Komponen Masyarakat dan OPD di Lamteng, Gubernur Arinal Djunaidi Ajak Sukseskan Pembangunan dan Wujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya

77

Klik LAMPUNG TENGAH —- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Lampung Tengah bersama sama sukseskan pembangunan dan wujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara silaturahmi bersama Fokorpimda, Kepala OPD, Camat, Kepalo Tiyuh, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Lampung Tengah, di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Lampung Tengah, Senin (19/12/2022).

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian penting untuk mengajak semua bersinergi dalam melaksanakan visi, misi dan 33 janji yang sudah dituangkan dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024.

Secara khusus Gubernur Arinal menyampaikan penghargaan kepada Bupati beserta jajaran dan seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Tengah, yang telah berupaya dan bekerja keras melanjutkan pembangunan dan mewujudkan kerjasama yang baik, ini bukti sinerginya proses pembangunan di Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten.

Gubernur Arinal juga menginginkan kepada semua ASN di Kabupaten Lampung Tengah untuk serius menguasai, memahami, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan pelayanan kepada publik, digitalisasi birokrasi dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Lanjut, Gubernur Arinal menyampaikan dua agenda pada pertemuan ini. Agenda Pertama, terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang menjadi fokus dan target kita bersama pada tahun ini maupun tahun-tahun mendatang.
“Saya tekankan, Kalau kita akan bicara pembangunan tahun depan (tahun 2023, dan seterusnya) mari kita pastikan bahwa apa yang kita lakukan di tahun 2022 ini Sukses,” jelas Gubernur Arinal.

Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan, jelas Gubernur Arinal, maka Sinergitas Program Provinsi dan Kabupaten harus satu kesatuan.

Pada Triwulan III tahun 2022, jelas Gubernur Arinal, laju pertumbuhan ekonomi Lampung tumbuh sebesar 4,02 (c to c) dimana pada triwulan kedua mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional sebesar 9,12 (q to q).
Kemudian, Tingkat Pengangguran Terbuka pada Februari 2022 sebesar 4,31 persen masih dibawah rata rata nasional.
Demikian pula dengan Tingkat Kemiskinan periode Maret 2022 mencapai penurunan terbesar Nasional, berada di level 11,57 persen.
Dan inflasi Provinsi Lampung Oktober 2022 dalam rentang stabil dengan fluktuatif harga (deflasi) sebesar 0,2 persen (m to m). Keadaan tersebut sangat mendukung stabilitas makro ekonomi daerah.

Agenda yang Kedua adalah terkait tugas dan kewajiban kita bersama, untuk mengatasi sejumlah isu dan permasalahan pembangunan yang kita rasakan menghambat kemajuan daerah di Provinsi Lampung.
Berkenaan dengan Agenda yang Kedua, untuk mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya, jelas Gubernur Arinal, maka dibutuhkan kerja keras dan fondasi kokoh yang harus terus kita siapkan.
“Perbaikan kualitas sumber daya manusia dan penyediaan infrastruktur yang handal harus terus kita tingkatkan,” jelas Gubernur Arinal.

Kabupaten Lampung Tengah mempunyai wilayah terluas di Provinsi Lampung 4.546 km persegi, dengan jumlah penduduk sebesar 1.477.395 jiwa. Potensi ini memberi peluang besar untuk melakukan pembangunan yang lebih baik lagi.
“Sehingga kita juga harus mampu berinovasi dan menguasai teknologi untuk menjawab kebutuhan masa depan. Peningkatan kualitas layanan birokrasi juga perlu terus dilakukan. Kita juga dituntut untuk mampu mengoptimalkan sumber-sumber ekonomi potensial, serta merancang alokasi pendanaan pembangunan secara lebih disiplin dan produktif, memperhatikan output dan outcome bagi kepentingan masyarakat/ publik,” ungkapnya.

Sebagai pemimpin dan Pejabat Daerah, ujar Gubernur Arinal, maka Saudara-saudara harus mampu mengenali medan, dan menguasai lapangan. “Dalam menjalankan roda pembangunan, kita harus fokus, memahami Visi dan Misi serta 33 Agenda Kerja Utama Daerah Provinsi Lampung dengan cara kerja yang saling bersinergi dan kolaboratif,” jelasnya.

Lebih dari itu, Gubernur Arinal menuturkan guna mewujudkan visi tersebut, untuk bersama-sama mensukseskan berbagai program pembangunan salah satunya Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Melalui program ini akan memberikan kemudahan kepada para petani seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan/permodalan dan pembinaan petani.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang terus memberikan dukungan terhadap berbagai pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah.
“Insya allah bertahap dan pasti, berbagai pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah dapat terselesaikan atas dukungan dari Gubernur Lamlung Arinal Djunaidi,” jelasnya. (Adpim)

Facebook Comments