Disnakeswa Tetap Sigap Antisipasi Penyakit PMK

164

KLIK TUBABA¬† —¬†Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswa) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pastikan pihaknya bergerak cepat dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini tengah mewabah pada hewan ternak milik masyarakat.

Di temui diruang kerjanya kepala bidang kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Sanjaya mewakili Kepala Dinas Peternakan mengatakan, pihaknya selalu melakukan himbauan,sosialisasi dan ajakan kepada pelaku usaha ternakan Khususnya pada Hewan berkaki Empat, seperti sapi,kerbau dan kambing agar dapat waspada menghadapi wabah PMK.

Jika terdapat di masyarakat adanya hewan ternak yang menunjukan gejala terjangkit wabah PMK maka pihak kami akan mengambil langkah antisipasi dan preventif dalam penanggulangan wabah tersebut.

“Berbagai langkah dan upaya sudah kita lakukan, sosialisasi bimbingan penyuluhan (Binlu) dan pemberian vaksin untuk menekan angka yang terjangkit wabah PMK”.uangkapnya

Selain dari pada itu pihaknya juga sangat mengharapkan kepada peternak untuk selalu melakukan sanitasi kandang dan berharap para peternak dapat dengan rutin melakukan pengecekan terhadap hewan ternak untuk memastikan gejala-gejala awal pada hewan peliharaan mereka.

“Kita juga mengharapkan kepada para pelaku usaha atau pemilik Hewan ternak Untuk dapat selalu menjaga kebersihan kandang serta rutin melakukan pengecekan tanda -tanda mencurigakan pada mulut dan kuku Hewan, Kemudian apabila di temukan gejala-gejala awal agar dapat segera laporkan kepada petugas Disnakeswa melalui pemerintahan Tiyuh setempat,camat atau ke pihak kami”.Jelasny(End)

Facebook Comments