Gubernur Arinal Buka Pasar Murah Bahan Pokok Bersubsidi di Kota Metro

16

LGNEWS METRO—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, membuka kegiatan Pasar Murah Bahan Pokok Bersubsidi di Lapangan Mulyojati, Kota Metro, Jumat (22/04/2022).

Pasar Murah Bersubsidi yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung melalu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, mengundang antusias masyarakat yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli bahan-bahan kebutuhan keluarganya, terlebih dalam suasana bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan, Pasar murah dilakukan disemua kabupaten/kota karena kita menghadapi hari raya dan dalam situasi bulan ramadan, saya doakan semoga masyarakat Lampung khususnya masyarakat Kota Metro selalu sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan baik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama Bulog dan Perusahan Distributor dan procesing CPO atau minyak goreng sehingga terlaksana kegiatan hari ini, ” Kata Gubernur

Agar pendistribusian dapat berjalan dengan baik dan benar saya mohon bantuan pemerintah Kota Metro, para pamong, dan pak polisi untuk mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gubernur menambahkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk perhatian kepada Kota Metro ” Tahun 2000 saya Kepala Dinas Di Kota Metro , jadi Metro juga jadi perhatian saya, ” Tegasnya.

“Hari ini saya membawa Kepala Disperindag, Karo Perekonomian, Kepala Bulog dan lain-lain untuk bersama-sama saya membantu mendistribusikan bahan sembako murah, insya Allah Pemprov mampu ngendalikan kebutuhan pangan dalam menjelang lebaran, “tambah Gubernur.

Dalam kesempatan itu Gubernur Arinal mengatakan menjelang hari raya mendapatkan laporan Menteri Dalam Negeri tentang kondisi pangan dan terdapat kenaikan pada komoditi bawang merah sebesar 11%, namun masih bisa dikendalikan .

“Kota Metro ini sudah dilalui irigasi dari jaman Belanda jadi sumber airnya ada, teknisnya sangat memenuhi persyaratan dalam menginisiasi pembangunan pertanian, apalagi untuk komoditi bawang merah dan sayuran, sehingga dapat melakukan peningkatan pendapatan petani, ” kata Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Metro, Wahdi menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Gubernur Lampung di Kota Metro di bumi sai wawai.

Wahdi juga berhatap Semoga kegiatan hari ini bermanfaat bagi masyarakat kota metro, terimakasih pak Gubernur. “Saya berharap kepada para pamong bekerja sama dengan provinsi untuk dapat menyalurkan subsidi ini dengan tertib dan kepada yang benar-benar membutuhkan, ” Kata dia.

Sedangkan Kadisperindag Provinsi Lampung, Elvira Umihanni menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan pasar murah ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok dan barang lainnya, dalam menyambut hari raya idul fitri 1443H/2022M.

Bahan pokok tersebut akan didistribusikan oleh pamong setempat dengan mekanisme yang telah ditentukan agar tidak terjadi kerumunan untuk mengatasi penyebaran virus covid-19.

Paket yang disalurkan sejumlah 1500 paket, yang per paketnya terdiri dari beras 5kg, gula 1kg, tepung 2kg, dan minyak goreng 1L. Paket akan didistribusikan ke 5 kecamatan di kota metro, masing-masing 300 paket per kecamatan. Harga tebus murah Rp.75.000, dari harga distributor Rp.100.000 atau harga pasar Rp.120.000 dengan nilai Subsidi sebesar Rp 25.000 per paket.

“Pemprov lampung juga melalui Bulog, menyalurkan minyak goreng curah bersubsidi sebanyak 3000 liter, dengan harga eceran tertinggi Rp.14.000 dari PT. Aman Jaya Perdana,” Kata Elvira

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), Drs. H. Qomaru Zaman, MA, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung Etik Yulianti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Lampung Elvira Umihanni, Kepala Biro Perekonomian Pemprov Lampung Emilia Kusumawati, Kadis Kominfotik Pemprov Lampung Ganjar Jationo, dan Jajaran Forkopimda Kota Metro. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments