Bentuk Karakter, SMAN2 Tumijajar Gelar Pesantren Kilat Dan Buka Bersama

32

KLIK┬áTulang Bawang Barat – Dalam rangka memperingati nuzulul Qur’an, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN2 Tumijajar, menggelar kegiatan pesantren kilat dan buka bersama di sekolah.

Ketua OSIS sekaligus pelaksana kegiatan Dika Danuarta mengatakan kegiatan yang di gelar selama dua hari tersebut, di bagi menjadi dua sesi. Sesi pertama di isi dengan beberapa perlombaan diantaranya lomba tausiah, azan, dan sholawat jibril. Sedangkan sesi kedua berupa tadarus Al-Quran, pembagian takzil, bazar, dan buka bersama.

“Untuk juri perlombaan dan pembimbing tadarus Al-Quran hanya terdiri dari dewan guru saja,” cetus siswa kelas XI IPS III ini, Selasa (19/4).

Rasa senang dan bangga selama mengikuti kegiatan berlangsung, secara antusias diungkapkan salah satu peserta dari kelas X IPS II.

“Pastinya serulah, meskipun singkat bisa menjadi pengalaman berharga, kami bisa mempelajari agama lebih dalam, dan makin dekat dengan teman-teman sebaya,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala SMAN2 Tumijajar Hermono mengatakan kegiatan pesantren ramadhan ini bertujuan selain meningkatkan kemampuan intelektual dan religi, juga untuk menambah kepercayaan diri serta penggalian potensi diri siswa, sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungannya masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan satuan pelaksana (satlak) SMAN2 Tumijajar, yang mana metode pembelajarannya kita susun secara interaktif. Siswa kita berikan ruang yang luas untuk menentukan sendiri ide yang akan ditampilkan pada cabang perlombaan,” kata dia.

Dia melanjutkan seperti pada lomba tausiah, siswa dipersilahkan menentukan sendiri materinya. Begitu juga dengan lomba azan dan sholawat, siswa dibebaskan untuk mencari refrensi mana yang terbaik menurut mereka.

Dia berharap, dengan pola pembelajaran ini dapat menambah keberanian dan kepercayaan diri, sehingga pola pikir para siswa dapat bebas berkembang secara alamiah,”Pungkasnya (Taufik)

Facebook Comments