Musrenbang Kabupaten Tanggamus, Gubernur Arinal Djunaidi Ajak Kabupaten Tanggamus Bersinergi Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Daerah

116

KLIK┬áTANGGAMUS —- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Kabupaten Tanggamus bersinergi meningkatkan produktivitas dan daya saing daerah melalui pembangunan ekonomi kerakyatan.

Hal itu disampaikan Arinal saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 dengan tema “Peningkatan Produktivitas untuk Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah” di GOR Ratu Tanggamus, Rabu (16/3/2022).

“Membangun Lampung kita putuskan membangun melalui ekonomi kerakyatan. Untuk itu saya membutuhkan dukungan termasuk bersama Kabupaten Tanggamus,” ujar Arinal.

Menurut Arinal, Tanggamus merupakan salah satu Kabupaten yang sangat potensial akan komoditinya dan lengkap akan sumberdaya alamnya.

“Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu daerah penghasil komoditas perkebunan antara lain kopi, lada, kakao, alpukat, manggis, papaya, dan bawang merah. Dari sektor peternakan, Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu penghasil komoditas unggulan yaitu kambing,” katanya.

Untuk itu, Arinal menyebutkan akan terus memberikan dukungan kepada Tanggamus salah satunya menjadikan Tanggamus sebagai pusat penangkaran pembibitan Kambing Etawa.

“Tanggamus memiliki potensi yang luar biasa soal ternak, yaitu Kambing Etawa Tanggamus. Saya ingin Tanggamus menjadi pusat penangkaran pembibitannya,” ujarnya.

Arinal mendorong Tanggamus untuk bersama melakukan terobosan dan inovasi sehingga pembangunan yang dilakukan akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

“Forum ini harus benar-benar memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi, sehingga dapat memformulasikan program yang tepat dan memberikan daya ungkit yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Tanggamus serta mampu menjadi penopang laju pembangunan bagi Provinsi Lampung,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung mendorong keberadaan Pelabuhan Batu Balai di Kabupaten Tanggamus.

Pelabuhan ini sebagai transportasi laut dalam rangka menunjang Sistem Logistik Nasional dengan menangkap potensi Sumber Daya Alam yang ada di Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Tanggamus.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan apresiasi kepada Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung karena di tahun 2022 ini akan dilakukan perbaikan ruas jalan Provinsi di Tanggamus yaitu Talang Padang – Lampung Barat.

“Kami yakin dengan adanya konektivitas yang baik dan akses yang lebih terbuka jalan antar Kabupaten ini maka pertumbuhan ekonomi di Tanggamus akan semakin pesat,” ujar Bupati Dewi.

Selain itu Dewi menyebutkan melalui program unggulan Gubernur yaitu Kartu Petani Berjaya (KPB) telah memberikan kesejahteraan kepada para petani di Tanggamus.

“Terimakasih atas program KPB ini sangat membantu sekali untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para petani, sehingga Tanggamus Maju Lampung semakin berjaya,” katanya.

Pada kesempatan itu, diserahkan Penganugerahan Tanggamus Award Tahun 2022 dan pemenang Film Inovasi Pembangunan Daerah Tahun 2022. (Adpim)

Facebook Comments