Gubernur Arinal Resmikan 31 SMKN Pusat Unggulan dan Serahkan Bantuan Untuk Masyarakat Lampung Utara

127

KLIK Lampung Utara– Untuk menjawab tantangan kedepan dalam menyongsong revolusi 5.0, Pemerintah membangun program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.

Dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang penyelenggaraan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, pada tanggal 1 Maret 2021 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyampaikan hal tersebut ketika meresmikan 31 SMK Negeri Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung yang dipusatkan di SMKN 3 Kotabumi, Kamis (20/1/2022).

Dalam implementasi Agenda Kerja Utama di Sektor Pendidikan antara lain adalah diluncurkannya Program Smart School pada tanggal 16 Desember 2019, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi.

Hal ini untuk menjawab tantangan perubahan paradigma pendidikan di era digital. Sebagai apresiasi terhadap para guru honor yang juga merupakan bagian dari Program Smart School, telah diberikan “Kartu Pendidik Berjaya” kepada guru-guru honor se-Provinsi Lampung.

Sealain itu bantuan Fasilitasi SMK-PK Tahun 2021 di Provinsi Lampung diberikan kepada 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Revolusi Industri. “Dari 31 SMK-PK tersebut, SMK-PK di Kabupaten Lampung Utara yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan, ” Kata Gubernur

Gubernur berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan Pariwisata, Pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Sementara Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung program dan kebijakan program Pemprov Lampung, termasuk program di bidang pendidikan yaitu smart school.

Sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung program dan kebijakan program Pemprov Lampung, termasuk program di bidang pendidikan yaitu smart school.

Kita semua menyadari bahwa membangun SDM bagi para pelajar sama dengan membangun masa depan daerah, juga bangsa dan negara.

Dari sisi kuantitas, jumlah pelajar atau kaum muda saat ini sangat besar sehingga kedepan nanti, negara kita akan mengalami bonus demografi jumlah prnduduk usia produktif akan jauh lebih besar dibanding jumlah penduduk usia non produktif.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara, diantaranya Dinas Ketahanan Pangan berupa, Cultivator 1 unit, hand traktor 1 unit, pompa air 1 unit, Asuransi petani lansia kepada 80 orang, tanaman obat jahe dan kencur 35 Ha, bibit dan saprodi P2L 4 KWT, Corn Sheller 1 Unit, benih jagung hibrida 150 Ha, benih padi inbrida, bibit buah 10.900 batang, pengembangan cabai 2 Ha

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ternak sapi 10 ekor, ternak itik 100 ekor, bantuan operasional dan sarana kegiatan pendukung SIKOMANDAN senilai Rp. 683.473.000.

Dinas Kesehatan menyalurkan bantuan untuk pengendalian penyakit menular Rp. 7.004.000, Surveilans dan Pencegahan Penyakit Rp. 2.303.385.00 dan Dinas Perpustakaan berupa 184 eksemplar buku dan 32 CD untuk pepustakaan desa. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments