Kasus Positif Bertambah 22 Orang, Penyemprotan Berskala Besar Dilakukan Tim Gugus Tugas

119

KLIK – TUBABA — Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tulang Bawang Barat melakukan penyemprotan disenfektan di Tiyuh Karta Raya Kecamatan Tulang Bawang Udik, Rabu (6/1/2020).

Di pimpin Asisten I Agus Subagyo, kegiatan penyemprotan disenfektan ini, sekaligus memberikan pengarahan kepada masyarakat di tiyuh tersebut, untuk lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Penyemprotan berskala besar ini dilakukan menyusul adanya peningkatan warga tiyuh tersebut yang terkonfirmasi positif covid-19. Berdasarkan keterangan tim gugus tugas, melalui juru bicaranya Eri Budi Santoso, terdapat 22 kasus positif baru Covid-19 di Tubaba.

“Jumlah kasus baru ini, berdasarkan hasil pemeriksaan swab Labkesda Provinsi Lampung yang kami terima kemarin (05/01/2021),” ungkapnya.

Eri Budi atau EBe menambahkan kasus baru tersebut merupakan kluster dari resepsi/pesta pernikahan. ”Dari 22 pasien yag dinyatakan positif, 18 diantaranya adalah berdasarkan hasil tracing pada acara pesta pernikahan dan mereka berada di tiyuh yang sama dengan gejala berupa hilang penciuman,” kata dia.

Ke-22 warga tersebut saat ini masih melakukan isolasi mandiri di kediamannya masing-masing. Namun, Agus Subagyo memperingatkan agar warga benar-benar melakukan isolasi mandiri di rumah, dengan di pantau oleh tim gugus tiyuh.

Bilamana mereka masih mengabaikan isolasi mandiri dan membahayakan warga sekitar untuk bisa diambil tindakan tegas untuk segera di bawa ke RSUD Tubaba.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten I Agus Subagyo di dampingi Camat Tulangbawang Udik, unsur TNI/Polri, BPBD serta Dinas Kesehatan Kabupaten.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Tubaba, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah setempat, tersebar di 3 (tiga) kecamatan, yakni 18 kasus di Kecamatan Tulang Bawang Udik, 3 kasus di Kecamatan Gunung Terang, dan 1 kasus di Tumijajar.

Di Tulang Bawang Udik, 18 pasien terkonfirmasi positif merupakan warga Tiyuh Karta Raharja. Tiga pasien dari Gunung Terang merupakan waga Tiyuh Gunung Agung. Sedangkan 1 kasus di Tumijajar adalah warga Tiyuh Margo Dadi.

Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, tercatat hingga saat ini jumlah total terkonfirmasi positif ada sebanyak 83 orang. Telah dinyatakan sembuh/selesai isolasi sebanyak 57 orang, sedang isolasi 22 orang, dan meninggal dunia 4 Orang. (Dedi)

Facebook Comments